PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU(PPI)
Nama : ………………… Kelas
semester :…………….
Tanggal
lahir : …………………….. Tahun
pelajaran : 2009/2010
Usia : …………………….. Jenis
kesulitan :
tunagrahita sedang
Orang
tua wali :……………………… Profesi
orang tua : ……………….
Deskripsi
(kondisi saat ini)
|
Tujuan
|
Strategi
|
media
|
evaluasi
|
pelaksanaan
|
Penanggung jawab
|
||
pendek
|
panjang
|
waktu
|
target
|
|||||
Kemampuan
1.
Menjumlah bilangan positif 1-5,
6-10
2.
Mengurangi bilangan negative 1-5,
6-10
Kesulitan
1.
Menjumlah bilangan positif 1-5,
6-10
2.
Mengurangi bilangan negative 1-5,
6-10
|
1.
Dapat menjumlah bilangan positif 1-5, 6-10 dengan bantuan tutp botol
2.Dapat
mengurangi bilangan positif 1-5, 6-10 dengan bantuan tutup botol
|
1.Dapat
menjumlah bilangan positif dengan bantuan alat
2.Dapat
mengurangi bilangan positif dengan bantuan alat
|
Pembukaan
1.Guru
mengenalkan angka 1,2,3,4 dst dengan bantuan gambar tongkat, angsa, telinga,
kursi dst
2.Guru
memperlihatkan buku tabungan, dengan mengenalkan makna menabung dan meminjam
Kegiatan inti
3.Guru
mengenalkan angka 1-5, 6- 10
4.Guru
membantu siswa untuk melafalkan angka 1-5, 6-10
5.Guru
mengenalkan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan lambang penjumlahan/+,
pengurangan/-
6.Guru
memberikan kepada siswa 10 tutup botol
7.Guru
memberikan contoh menjumlah bilangan 1-5, 6-10 dengan bantuan tutup botol
8.Siswa
mengikuti contoh seperti guru
9.Setelah
siswa paham dengan operasi penjumlahan guru mengenalkan tentang operasi
pengurangan dengan cara yang sama saperti poin 7
|
1.Gambar ( tongkat, angsa, telinga,
kursi dll )
2.Tutup botol
|
1.Siswa mampu menjumlahkan bilangan
dengan bantuan tutup botol
2.Siswa mampu mengurangi bilangandengan bantuan tutup botol
|
2
x seminggu
|
2
x seminggu
|
1.
Guru
2.
Orang tua
|
|
Mengetahui Malang,………………….
Kepala
sekolah Guru kelas
………………… …………………….
NIP
: ……………. NIP
: ………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar