Kamis, 01 Desember 2011

PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU(PPI)


PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU(PPI)
Nama               : …………………                                                                                                      Kelas semester            :…………….
Tanggal lahir   : ……………………..                                                                                                Tahun pelajaran            : 2009/2010
Usia                 : ……………………..                                                                                                Jenis kesulitan             : tunagrahita sedang
Orang tua wali            :………………………                                                                                               Profesi orang tua         : ……………….
Deskripsi
(kondisi saat ini)
Tujuan
Strategi
media
evaluasi
pelaksanaan
Penanggung jawab
pendek
panjang
waktu
target
Kemampuan
1.      Menjumlah bilangan positif 1-5, 6-10
2.      Mengurangi bilangan negative 1-5, 6-10
Kesulitan
1.      Menjumlah bilangan positif 1-5, 6-10
2.      Mengurangi bilangan negative 1-5, 6-10
1. Dapat menjumlah bilangan positif 1-5, 6-10 dengan bantuan tutp botol
2.Dapat mengurangi bilangan positif 1-5, 6-10 dengan bantuan tutup botol
1.Dapat menjumlah bilangan positif dengan bantuan alat
2.Dapat mengurangi bilangan positif dengan bantuan alat
Pembukaan
1.Guru mengenalkan angka 1,2,3,4 dst dengan bantuan gambar tongkat, angsa, telinga, kursi dst
2.Guru memperlihatkan buku tabungan, dengan mengenalkan makna menabung dan meminjam
Kegiatan inti
3.Guru mengenalkan angka 1-5, 6- 10
4.Guru membantu siswa untuk melafalkan angka 1-5, 6-10
5.Guru mengenalkan operasi penjumlahan dan pengurangan dengan lambang penjumlahan/+, pengurangan/-
6.Guru memberikan kepada siswa 10 tutup botol
7.Guru memberikan contoh menjumlah bilangan 1-5, 6-10 dengan bantuan tutup botol
8.Siswa mengikuti contoh seperti guru

9.Setelah siswa paham dengan operasi penjumlahan guru mengenalkan tentang operasi pengurangan dengan cara yang sama saperti poin 7
1.Gambar ( tongkat, angsa, telinga, kursi dll )
2.Tutup botol
1.Siswa mampu menjumlahkan bilangan dengan bantuan tutup botol
2.Siswa mampu mengurangi  bilangandengan bantuan tutup botol
2 x seminggu
2 x seminggu
1.      Guru
2.      Orang tua

































  Mengetahui                                                                                                                                       Malang,………………….
Kepala sekolah                                                                                                                                  Guru kelas
                                                                                                                           
…………………                                                                                                                        …………………….
NIP : …………….                                                                                                                 NIP : ………………………

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar