Minggu, 22 Juli 2012

PENGELOLAAN KELAS INKLUSIF


Jumlah siswa dalam satu kelas adalah 30 siswa yang terdiri dari:
-    29 siswa anak normal
-    1 siswa berebutuhan khusus dengan gangguan pendengaran, yang mana telinga yang masih peka terhadap suara adalah telinga bagian kiri.
Pengelolaan Kelas:
1.    Bentuk Ruang Belajar
-    Ruangan berbentuk persegi panjang
-    Tembok terbuat dari triplek atau kayu karena dapat menyimpan suara
-    Terdiri dari 2 buah jendela berventilasi dengan korden dan 1 pintu.
Jendela dibuat hanya berventilasi agar ruangan bisa menerima udara dan tidak pengap
2.    Penggunaan Warna
Warna yang dipilih hendaknya warna yang kontras:
a.    Dinding bawah berwarna coklat
b.    Dinding atas berwarna hijau muda
c.    Diantara dinding atas dan dinding bawah terdapat hiasan bunga
d.    Korden berwarna kuning
e.    Karpet berwarna merah
f.    Atap kelas berwarna biru muda
3.    Sistem Akustik
-    Sistem akustik dari ruang kelas ini adalah tembok yang terbuat dari triplek atau kayu. Triplek atau kayu dapat menyimpan suara. Hal ini dibutuhkan karena dalam kelas tersebut terdapat anak berkebutuhan khusus dengan gangguan pendengaran.
-    Selain itu, jendela dibuat berkaca, hanya ada ventilasi di atasnya, juga dibuat berkorden. Hal ini agar udara masih bisa masuk, dengan adanya korden juga bisa meminimalisir suara dari luar.
Dengan adanya sistem akustik tersebut, dapat meminimalisir suara berisik dari luar ruang kelas sehingga tidak mengganggu siswa dengan gangguan pendengaran, proses belajar mengajar pun dapat berjalan dengan efektif.
4.    Aksesibilitas
-    Aksesibilitas untuk anak gangguan pendengaran adalah alat bantu pendengaran
5.    Perabot Kelas
-    Siswa duduk di karpet jadi tidak ada kursi atau bangku. Hal ini agar ruang gerak siswa itu tidak dibatasi dan siswa dapat mudah berpindah-pindah
-    Ada sound untuk memperkeras suara. Hal ini untuk membantu siswa dengan gangguan pendengaran
-    Pintu diusahakan ada di beakang siswa agar siswa bisa lebih konsentrasi
-    Terdapat papan tulis di depan
-    Dinding ruangan dihiasi dengan:
a.    Hasil karya siswa
b.    Grafik asesmen perilaku
c.    Jadwal piket siswa
d.    Pencapaian/prestasi siswa
e.    Jam dinding
f.    Foto presiden dan wakilnya
g.    Garuda
6. Posisi Tempat Duduk
-    Berkelompok
Satu kelas dibagi menjadi 6 kelompok, dalam satu kelompok terdiri dari 5 siswa
-    Siswa duduk di karpet, melingkar
-    Kelompok yang beranggotakan anak berkebutuhan khusus diusahakan ditempatkan di dekat sound
7. Illumination  atau Pencahayaan
    Kelas yang bagus adalah kelas yang terang, jadi dalam ruang kelas tersebut pencahayaannya harus bagus, lampu yang dipakai harus terang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar